Pengantar Teknologi Informasi



Apa saja yang saya pelajari dari “Pengantar Teknologi Informasi” selama Semester 2?

Komputer merupakan alat hitung yang di pakai dalam PDE
Definisi
Ada beberapa definisi yang akan dibahas antara lain:

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.




1.   Monitor
2. Motherboat
4.   ATA sockets
10. Keyboard
11. Mouse







Komputer Pengolahan Data Elektronik dibagi menjadi :

1.Hardware
Perangkat keras (hardware) merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi.
Terdapat beberapa komponen dasar komputer yang wajib dimiliki agar beroprasi dengan baik.

perangkat keras yang wajib dimiliki adalah:
a. monitor : perangkat keras yang berguna untuk memvisualisasikan output dari proses yang terjadi di PC,
b. Keyboard : alat input terpenting yang digunakan untuk memasukkan karakter huruf, angka, maupun perintah-perintah khusus ke komputer.
c. Motherboard : tempat melekatnya berbagai komponen komputer. Motherboard sebagai media komunikasi antara CPU, memory, BIOS, CMOS, perangkat video, perangkat suara, perangkat penyimpan data, Chipset, dan masih banyak lagi.
d. Memory : dimanfaatkan untuk menyimpan data secara sementara atau dalam jangka watu yang lama.
e. Harddisk : media penyimpanan yang dibangun dari satu atau lebih piringan metal yang diatur secara horizontal terhadap poros putaran piring tersebut.

2.SOFTWARE
Agar komputer dapat membaca, mengingat, membuat keputusan (membandingkan), menghitung, menyortir, dan menghasilkan keluaran berupa informasi dalam monitor atau cetakan, komputer harus dapat membaca dan memasukkan program ke dalam memori utamanya.

3. BRAINWARE
Perangkat otak(brainware) disebut penghubung antara perangkat lunak(software) dan perangkat keras (hardware). Jadi brainware merupakan orang yang menjalankan sebuah komputer.

PENGOLAHAN DATANYA
Originator: Proses pengumpulan data
                     (proses pencatatan) 
Input         : Proses pemasukan data        
Prosessing: Proses pengolahan data       
Output      : Hasil proses (informasi)        
Distribusi  : Penyampaian hasil output

Menurut Jenis Input/Output Sinyalnya Komputer dapat digolongkan atas:
1.     Komputer Analog, adalah komputer yang bekerja berdasarkan jenis data (input dan output) secara kualitatif yang bersifat kontinew seperti arus listrik, aliran air, kecepatan udara.
2.     Komputer Digital, adalah jenis komputer yang dapat digunakan untuk mengolah data secara kuantitatif yang berupa karakter-karakter huruf, angka, arus on/off untuk scientific dan business.
3.     Hybride Komputer, adalah komputer yang dapat mengolah data kualitatif dan kuantitatif (gabungan antara Analog dan Digital).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGORGANISASIKAN PERUSAHAAN BISNIS